The Prince of Sweden: Jake Gyllenhaal

Jake Gyllenhaal adalah salah satu aktor terbaik generasi sekarang yang menurut gue kalau konsisten bisa end up kayak Brad atau Tom. Kalau lo susah ngucapin namanya, a simple "ji-len-hol" pun nggak apa-apa dibandingkan harus ngucapin dengan dialek Swedia "yi-len-hel-low". Keluarganya bisa dibilang adalah keluarga film--bokapnya sutradara, ibunya scriptwriter, dan kakaknya adalah Maggie Gyllenhaal, orang yang berhasil bikin Rachel Dawes lebih menyenangkan dibandingkan Katie Holmes.

Pertama kali gue tau Jake itu dari Prince of Persia, gue inget banget kakak gue antusias cerita betapa belo matanya Jake sehingga sampai sekarang feature itu yang nempel di Jake di bayangan gue. Tapi film yang bikin gue ngeh dan suka banget sama Jake adalah Southpaw, because you know how hopelessly romantic I am.

Jadi karena gue udah nonton hampir semua filmografinya Jake, mari gue persembahkan 10 film Jake Gyllenhaal yang recommended buat lo tonton.

10. October Sky (1999)



Di desa kecil di Amerika tahun 50-an, nggak ada yang berani bermimpi jadi macem-macem selain jadi penambang batu bara. Tapi Homer Hickman (Jake) bertekad buat nggak peduliin kata-kata Bapaknya yang pengen banget anaknya jadi penerus dia--penambang batu bara. Homer mau bikin roket. 

Nonton film ini kayak sedih soalnya masalah orang tua konservatif kayak gini ada di Amerika lebih dari 6 dekade yang lalu, tapi di Indonesia kayaknya masih bertebaran yang kayak gini. Nevertheless, gue emang suka film from zero to hero, dan ini adalah drama keluarga yang klise. Tapi sebagai peran utama pertamanya Jake, film ini harus ada di 10 besar rekomendasi gue.

9. Brokeback Mountain (2004)


Ennis (Heath Ledger) dan Jack (Jake) awalnya cuma koboi yang dibayar buat menggembala domba di gunung, terisolasi dari dunia luar. Dari yang awalnya awkward sampai mereka naksir satu sama lain.

Awalnya gue nggak tertarik nonton film ini karena labelnya sebagai film gay. Tapi gue harus akuin film ini menarik. Jake sendiri dapet nominasi Oscar pertamanya berkat film ini, tapi kalah sama George Clooney di Syriana.

8. Brothers (2009)


Tommy (Jake) adalah the black sheep of the family. Dia nggak ada apa-apanya dibandingin Sam (Tobey Maguire); marine yang sukses, punya keluarga yang perfect, istri yang cantik (Maggie, Natalie Portman). Tapi ketika Sam dinyatakan meninggal saat bertugas, everything turned around  dan Tommy mulai masuk ke kehidupan keluarga Sam.

Brothers adalah film drama yang biasa aja. Tapi gue suka banget sama cast nya. Natalie Portman cantik banget men. Di film ini terkonfirmasi kalau Jake emang mirip banget sama Tobey. Lumayan lah kalau lo suka drama keluarga gitu.

7. Zodiac (2007)


Robert Graysmith (Jake) adalah seorang kartunis di koran yang terobsesi dengan Zodiac, serial killer yang memberi kode ke polisi lewat koran. 
Kalau lo suka Memories of a Murder, gue rasa lo bakal suka film ini. Filmnya panjang abis dan kayak nonton dokumenter tentang penyelidikan pembunuh berantai yang paling hits tahun 70-an. Sutradaranya adalah Fincher, jadi jangan heran kalau penyelidikan yang membosankan jadi deg-degan di tangan maestro Fincher. Cast nya asik-asik banget, selain Jake ada Mark Ruffalo dan the mighty Robert Downey Jr. Kalau suka cerita detektif, silakan dinikmati.

6. Enemy (2013)

 
Adam (Jake) adalah dosen dengan hidupnya yang hollow. Suatu hari dia nemuin doppleganger-nya adalah seorang aktor, Anthony, dan mulai nge-stalk Anthony.
Enemy menurut gue adalah film yang berat, tapi menarik. Sampai sekarang gue masih belum terlalu ngerti sama scene awal dan scene akhir dari film ini, serius. Di film ini lo bakal nemuin banyak laba-laba, karena di sini laba-laba (katanya google) adalah visualisasi dari....entah apa pokoknya berat deh. Tone nya bagus.

5. Source Code (2011)




Kapten Colter Stevens (Jake) bangun di kereta, dengan tubuh orang yang nggak dia kenal, dan duduk sama cewek yang nggak dia kenal juga. Baru ketika keretanya tiba-tiba meledak dan dia mati, Stevens kembali jadi dirinya sendiri di sebuah bunker dan dia berada dalam misi Source Code.

Gue suka parah sama End of Tomorrow, jadi nggak heran kalau gue juga suka parah sama film ini. Nggak bisa dibilang bagus banget sih, tapi ini film yang enak banget buat ditonton dan pelepas lelah banget. Jake seperti biasa solid di sini, dan lawan mainnya adalah Michelle Monaghan yang gue worship abis karena dia cantik dan asik buat ditonton. Kalau lo suka yang macem End of Tomorrow dan Groundhog Day, coba tonton deh.

4. Prisoners



Detektif Loki (Jake) menginvestigasi penculikan dua anak perempuan yang hilang di Pennsylvania. Tapi seiring investigasi, Dover (Hugh Jackman) dan Franklin (Terrence Howard), orang tua keduanya, mulai hilang kesabaran dan melakukan investigasi sendiri.
Seperti film detektif pada umumnya, ini film yang panjang dan isinya orang marah-marah terus. Tapi di sini satu kata yang bisa lo temukan: kualitas. Bayangin, buat satu scene investigasi aja, Jake latihan dengan nonton berjam-jam footage introgasi biar hasilnya apik. Salah satu film terbaik 2013 yang bikin elo deg-degan sepanjang film, plus ada Paul Dano di sini.

3. Southpaw


Billy Hope (Jake) adalah petinju dengan hidup yang sempurna: juara dunia yang undefeatable, keluarga yang penuh kasih sayang, istri yang cantik, dan anak yang menggemaskan. Tap semua itu berubah ketika suatu kejadian yang melibatkan istrinya terjadi di malam charity.
Sebelum gue nonton film ini, gue mengharapkan cerita seperti Warrior--yang lo harus nonton juga karena bagus banget. Gue nggak nyangka ini film tentang keluarga, yang sukses bikin gue mewek berkali-kali. Menurut gue Jake solid parah di sini. Dan kalau lo mau liat dedikasi, bayangin Jake bisa punya badan ade rai padahal baru beberapa bulan sebelumnya dia lebih cungkring dari orang-orangan sawah buat perannya di Nightcrawler. That, my friend, is professionalism.

2. Nightcrawler


Louis Bloom adalah pencuri, sampai suatu hari dia melihat freelance cameraman yang nge-shoot kriminalitas atau kecelakaan di malam hari buat dijual ke stasiun TV dan terinspirasi.

Waktu pertama kali nonton film ini, gue terlalu banyak berekspektasi dan yang ada malah kecewa. Tapi begitu gue nonton lagi, gue suka abis. Gue suka gimana creepy nya Jake di sini, yang kalau dia bilang coyote-ish. Gue suka banget dengan betapa bullshit nya semua kata-kata yang keluar dari mulut Bloom. Dan lagi, ini kayak potret busuknya media yang sebenernya nggak pure nyiarin berita ke elo, mereka lebih ke ngejual berita ke elo.

1. Donnie Darko (2001)


Donnie Darko adalah remaja yang punya masalah dengan sleepwalking dan halusinasi melihat orang berkostum kelinci yang memperingatkan dia tentang hari kiamat. Suatu hari sleepwalking nya tersebut "menyelamatkan" dia dari peristiwa jatuhnya bagian pesawat di rumahnya, dan segalanya berubah mulai dari sana.
Awalnya gue kira Donnie Darko adalah film horor karena kelincinya serem banget. Tapi ternyata ini lebih ke drama science fiction yang menurut gue gokil abis. Habis nonton ini lo bakal ngerasa mind blown. Awalnya emang lambat banget sih tapi percayalah tontonlah sampai akhir. Di Donnie Darko lo bisa liat Jake yang parah creepy abis! Gue sampai nggak bisa nentuin, mana yang lebih creepy, Louis Bloom atau Donnie Darko. Tapi gue lebih suka creepy nya Jake di Donnie Darko. Thumbs up.

Comments