Top Five (2014), buat yang mau nonton rom-com yang beda dari biasanya




Genre: Romantic-Comedy
Directed by: Chris Rock
Written by: Chris Rock

Andre Allen (Chris Rock) adalah seorang mantan komika alias stand up comedian yang mulai terkenal sejak main film komedi sebagai Hammy The Bear. Fame memang menyenangkan, tapi kayaknya kalau setiap lo jalan dipanggilin “Hammy!” sama semua orang, atau disuruh bertingkah kayak beruang, lo juga bakalan bete kayak Andre deh. Lo bakalan ngerti gimana stresnya Andre ketika dia berusaha bikin film serius, orang-orang malah mengkritik habis-habisan dan nyeletuk, “Udah mending lo bikin sekuel Hammy aja.” Atau gimana keselnya dia karena selalu dibombardir infotainment tentang upcoming pernikahannya sama bintang reality show—dan menghadapi fakta bahwa pernikahan mereka bakalan disiarin di TV for fame sake

Then come Chelsea Brown (Rosario Dawson), jurnalis The Times yang mau nulis artikel tentang Andre sehingga mereka menghabiskan satu hari bersama untuk wawancara. Andre yang tadinya skeptis mulai membuka diri dan obrolan mereka yang menyenangkan mulai mengalir.

Chris Rock menurut gue adalah komika paling lucu, yang kalau dia ngomong ngotot dikit aja gue udah ketawa banget. Kalo lo coba nonton stand up dia di Youtube, lo akan ngerti kenapa dia bisa jadi the best Oscars’s host in the worst Oscars’s season tahun kemarin. Mungkin previlege dia sebagai orang kulit hitam bikin dia bisa bikin joke-joke sangar tentang rasisme. Begitu juga di Top Five. Ini adalah salah satu script paling rapi dan halus yang mencirikan banget kalau yang nulis adalah komika. Semua joke nya on point. Salah satu joke favorit gue:


Interviewer: Andre, what do you have to say to the white audience here that is insulted, uh, disgusted, by your movie, watching 50,000 of their people being killed?
Andre: Uh, George Bush kills a lot of brown people. Nobody had a problem with that. It wasn't a movie. He killed some... Like, really killed them! I fake-kill white people and it's a problem?!


Kalau lo perhatiin, ini adalah black movie. Hampir sebagian besar pemain di film ini berkulit hitam. Emang, nggak semua orang bisa ngerti dengan intonasi-intonasi tinggi yang dipakai orang kulit hitam, kadang keliatannya kayak marah-marah padahal mah sebenernya itu lucu banget. Tapi gue sih seneng banget waktu liat muka-muka kocak yang familiar macem Kevin Hart, Tracey Morgan, Leslie Jones, bahkan sampai Whoopie Goldberg. Lagian, berapa banyak sih film rom-com bagus yang lo tonton yang pemeran utamanya kulit hitam? Bisa dihitung pakai jari. Salah satu yang menurut gue lumayan menandingi Top Five adalah About Last Night, itu pun remake dan menurut gue masih jauh lah dari kualitas Top Five.

Yang bikin Top Five makin greget adalah Rosario Dawson yang asik banget. Gayanya yang charming, tenang, tapi seducing bikin kita geregetan dan simpati. Chemistry nya sama Chris Rock bikin film ini makin menarik. Lo nggak bisa nggak senyum-senyum  waktu mereka ngomong karena, men, mereka bahkan flirting dari tatapan.

Judulnya, top five, sebenernya referensi dari obrolan Andre sama temen-temennya di dalem film, di mana mereka suka saling nanya, “Eh, top five rapper lo siapa?” dalam berbagai topik. Sampai sekarang gue sama temen gue masih ngejadiin referensi adegan itu buat ngobrol. Misalnya, “Ser, top five film favorit lo apa?” sampai “Ser, top five date lo yang paling fail apa?”

Dengan dasar itu, gue mau bikin blog ini jadi semacam top five. Top five apapun. Misalnya top five film rom-com favorit gue. Atau mungkin nanti gue bakal bikin top five online shop paling busuk yang harus lo jauhin. Chris Rock emang inspirasi.

Kalau lo suka joke-joke cerdas dan rom-com yang nggak cheesy alias menye menye, coba deh lo tonton film ini. Top.
 
7.5/10

Comments